Rabu, 18 Januari 2012

pengantar bisnis


RESUME
MANAJEMEN PERUSAHAAN
“PENGANTAR BISNIS”
DI
S
U
S
U
N
OLEH
SYOFNIA APRILIA BAHRI
NIM : 111002060014
FAKULTAS ILMU SOSIAL POLITIK
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS KARIMUN
2012

MANAJEMEN PERUSAHAAN

TUJUAN PERUSAHAAN
Untuk memuaskan kebutuhan konsumen dengan nilai-nilai tertentu.tujuan perusahaan dapat di golongkan sebagai berikut:
*      Tujuan pelayanan primer
Adalah pembuatan barang atau jasa demi memenuhi kebutuhan kebutuhan konsumen.
*      Tujuan pelayanan kolateral
Tujuan pelayanan kolateral terbagi dua,yang pertama kolateral pribadi yaitu nilai yang ingin di capai oleh individi atau kelompok untuk perusahaan.yang kedua koleteral social yaitu nilai-nilai ekonomi yang luas yang di perlukan untuk masyarakat yang di hasilkan dari kegiatan perusahaan.
*      Tujuan pelayanan sekunder
Adalah merupakan nilai-nilai perusahaan yang ditujukan utuk menghasilkan tujan primer.
Secara umum tujuan perusahaan dapat berupa :
*      Mencapai keuntungan maksimal
*      Mempertahan kelangsungan hidup
*      Mengejar pertumbuhan
*      Menampung tenaga kerja
Suatu tujuan berisikan 3 elemen penting :
*      Atribut tertentu yang di pilih sebagai suatu pengukur efesiensi
*      Ukuran atau skala dengan mana atribut itu di ukur.
*      Sasaran (goal) yaitu nilai tertentu pada skala yang ingin dicari untuk dicapai oleh perusahaan
Hal yang perlu diketahui dalam penentuan beberapa tujuan yang akan dicapai perusahaan:

*      setiap perusahaan mempunyai jumlah tujuan yang berbeda dibandingkan perusahaan lain,dan umumnya satu perusahaan atau organisasi mem punyai beberapa tujuan
*      .Tujuan organisasi dapat digolongkan kedalam tujuan jangka pendek,jangka menengah danjangkapanjang.

*      Dengan adanya banyak tujuan dalam jangka pendek dan pada waktu tertentu umumnya di prioritas pencapaian pada beberapa tujuan yang di pertimbangkan lebih tinggi bobotnya dibandingkan dengn tujuan lain.

*      Terdapat perbedaan antara tujuan ofisial dengan tujuan operatif .
Tujuan operisial berarti hasi-hasi akhir yang sesungguhnya dicari perusahaan dengan menganalisa perilaku para eksekutif didalam mengalokasi sumber-s umber.tujuan ofisial /tujuan resmi adalah tujuan yang secara resmi dinyatakan oleh perusahaan kepada publik tentang apa yag ingin dicari oleh perusahaan.
Manfaaat Tujuan
*      Tujuan dapat membantu menetapkan organisassi yang sesuai dengan lingkungan nya
*      Tujuan dapat membantu koordinasi keputsan-keputusan dan para pemuat keputusan
*      Tujuan menyediakan standar untuk menilai prestasi organisasi.
*      Tujuan memudah kan proses perumusan dan implementasi strategi perusahaan
3 Faktor dalam menyusun perusahaan
*      Realitas lingkungan dan saling berhubungan kekuatan eksternal perusahaan
*      Realitas lingkungan dan saling berhubungan kekuatan internal perusahaan.
*      System nilai para eksukutif.


 PERENCANAAN
            Fungsinya adalah suatu kegiatan perusahaan yang diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar